ayam gagape..

Kamis, 06 November 2008


gw sering merasa pusing kalo mba di rumah gw nanya mau masak apa, secara gw suka bosen makan ayam lagi, daging lagi, gw suka kangen makan ikan, secara gw orang kalimantan yang pilihan ikan di sana banyak banget, dan enak lagi.. walaupun sejenis, tapi beda lho rasanya sama ikan disini, patin contohnya, disini ada patin, tapi menurut gw rasanya bedaa..sedangkan jenis ikan yang dijual tukang sayur kompleks rumah gw pilihannya terbatas, mau ke pasar atau ke swalayan suka males.. nah lho, salah sendiri..
tiba2 gw inget sama blog nya mba anne, http://andrieanne.blogspot.com, akhirnya gw nyontek deh salah satu resep disana, ayam gagape dari makasar, hasilnya enak lho, lumayan lah, dapet tambahn variasi menu dengan bahan dasar AYAM..

Bahan :
1 ekor (1 kg) ayam buras, cuci bersih, potong-potong menjadi 12 bagian
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
200 ml air
1 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 cm kunyit bakar, haluskan
2 sdm minyak, utk menumis
6 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
750 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
1 ½ sdt garam
1 sdt gula pasir
½ butir kelapa parut, sangrai hingga kering

Cara membuat :
- Lumuri ayam dengan air jeruk nipis hingga rata,diamkan selama 30 menit. Cuci bersih.
- Masak ayam bersama air, serai, lengkuas, daun salam, dan kunyit hingga setengah matang danmengering, angkat. Sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan santan, aduk rata perlahan agar santan tidak pecah.
- Tambahkan garam, gula, dan kelapa sangrai, aduk rata hingga semua bahan matang.
- Angkat. Sajikan.
jadi dehh..

0 komentar: